Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik

contoh-jurnal.blogspot.com | Pada Kesempatak kali ini akan di bagi mengenai jurnal Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik, dengan judul Jurnal "Gambaran Kebiasaan Makan Makanan Etnis Minahasa Yang Beresiko Penyakit Jantung Koroner di Lingkungan 5 Kelurahan Paal 2 Kota Manado ".
Jurnal Kedokternan
Jurnal Kedokternan

Gambaran Umum dari Jurnal Kedokternan Komunitas Dan Tropik Ini Sebagai berikut:

Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan salah satu penyebab utama dan pertama kematian di berbagai negara, dan merupakan pembunuh nomor satu di Indonesia.  Tingginya prevalensi PJK di Indonesia dibarengi juga dengan tingginya konsumsi asam lemak jenuh dari kebiasaan makan. 

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kebiasaan makan Etnis Minahasa, dan kejadian riwayat PJK di Lingkungan 5 Kelurahan Paal 2 Kota Manado. 

Metode penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasi yang diambil semua Kepala Keluarga (KK) atau Ibu. Rumah Tangga (IRT) di Lingkungan 5 yang berusia diatas 40 tahun sebanyak 355 KK, dengan jumlah sampel 72 KK.

Hasil Penelitian yang diperoleh 5 jenis makanan beserta frekuensi makan pada makanan yang sering dikonsumsi yaitu Sayur Kangkung Tumis (68,1%), Sayur Pait Ba’ (25%), Ayam Santan / Kari (20,8%), Brenebon Babi (20,8%), Babi Kecap (19,4%), serta 5 jenis makanan beserta frekuensi makan pada makanan yang jarang dikonsumsi yaitu Paniki (98,6%), Babi Putar (98,6%), Tina’i / usus babi (98,6%), Tikus (98,6%), Babi Hutan (98,6%), dan riwayat kejadian PJK di Lingkungan 5 sebanyak 2,8%. 

Kesimpulan terdapat 5 jenis makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Lingkungan 5 Kelurahan Paal 2 Kota Manado adalah Sayur Kangkung Tumis, Sayur Pait Ba, Ayam Santan/Kari, Brenebon Babi, Babi Kecap, dan 5 jenis makanan yang jarang dikonsumsi yaitu Paniki, Babi Putar, Tina’i/Usus Babi, Tikus dan Babi Hutan, serta riwayat PJK 2,8%, riwayat keluarga PJK 6,9%, riwayat Diabetes Melitus 8,3%, dan 25% riwayat Hipertensi, Hiperurisemia, dan Dislipidemia. 

Kata Kunci: Kebiasaan Makan, Penyakit Jantung Koroner

Download Jurnal : Klik Disini



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik